Masa anak – anak dimulai setelah melewati masa bayi yang
penuh ketergantungan, yakni kira – kira usia 2 tahun sampai saat anak matang
secara seksual, yakni antara usia 13-14 tahun. Sejumlah ahli membagi masa anak
– anak menjadi dua, yaitu masa anak – anak awal dan masa anak – anak akhir.
Masa anak – anak awal berlangsung dari umur 2 tahun sampai 6 tahun, dan masa
anak – anak akhir dari umur 6 tahun sampai saat anak matang secara seksual (Hurlock, 1980).
anak – anak akhir dari umur 6 tahun sampai saat anak matang secara seksual (Hurlock, 1980).
Perkembangan Fisik
Selama masa anak – anak
awal, pertumbuhan fisik berlangsung lambat dibandingkan dengan tingkat
pertumbuhan selama masa bayi. Pertumbuhan yang lambat ini berlangsung sampai
mulai munculnya tanda – tanda pubertas.
Meskipun selama masa anak – anak pertumbuhan fisik mengalami perlambatan, namun keterampilan motorik kasar dan motorik halus berkembang pesat.
Meskipun selama masa anak – anak pertumbuhan fisik mengalami perlambatan, namun keterampilan motorik kasar dan motorik halus berkembang pesat.
Perkembangan Otak
Perkembangan otak pada masa anak – anak terus tumbuh namun
pertumbuhannya tidak sepesat pada masa bayi. Pertumbuhan otak pada masa awal masa
anak – anak disebabakan oleh pertambahan jumlah dan ukuran urat saraf yang
berujung di dalam dan di antara daerah – daerah otak. Proses ini berdampak
terhadap peningkatan kecepatan informasi yang berjalan melalui system urat
saraf.
Perkembangan Motorik
Sekitar usia 3 tahun, anak sudah dapat berjalan dengan baik,
dan sekitar usia 4 tahun anak hampir menguasai cara berjalan orang dewasa. Usia
5 tahun, anak sudah terampil menggunakan kakinya untuk berjalan dengan berbagai
cara. Selain itu, anak usia 5 tahun juga dapat melakukan tindakan –tindakan
tertentu secara akurat, seperti menyeimbangkan badan dengan satu kaki,
menangkap bola, melukis, dll.
Perkembangan Kognitif
Seiring dengan meningkatnya kemampuan anak untuk
mengeksplorasi lingkungan , Karena bertambah besarnya koordinasi dan
pengendalian motorik yang disertai dengan meningkatnya kemampuan untuk bertanya
dengan menggunakan kata- kata yang dapat dimengerti orang lain, maka dunia
kognitif anak berkembang pesat, semakin kreatif, bebas dan imajinatif.
Perkembangan Psikososial
Di samping perkembangan fisik dan kognitif, masa awal anak –
anak juga ditandai dengan perkembangan psikososial yang cukup pesat. Aspek
penting perkembangan psikososial yang terjadi pada masa awal anak – anak
diantaranya permainan, hubungan dengan orang lain, dan perkembangan moral.
Permainan
Permainan mempunyai arti yang sangat penting bagi perkembangan kehidupan anak – anak. Permainan bagi anak – anak adalah suatu bentuk aktifitas yang menyenangkan yang dilakukan semata – mata untuk aktivitas itu sendiri. (Schwartzman, 1978).
Hubungan dengan orang lain
Hubungan dengan orang lain ini meliputi hubungan dengan
orang tua dan hubungan dengan teman sebaya. Selama prasekolah, hubungan dengan
orang tua merupakan dasar bagi perkembangan emosional dan sosial anak. Sedangkan
hubungan dengan teman sebaya memiliki arti yang sangat penting bagi
perkembangan kepribadian anak. Salah satu fungsi kelompok teman sebaya ialah
menyediakan suatu sumber informasi dan perbandingan tentang dunia di luar keluarga.
Perkembangan moral
Perkembangan moral ialah perkembangan yang berkaitan dengan
aturan dan konvensi mengenai apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam
interaksinya dengan orang lain (Santrock, 1995). Melalui pengalamannya
berinteraksi dengan orang lain, anak belajar memahami tentang perilaku yang
baik dan perilaku yang buruk.
sumber: Desmita.2010.Psikologi Perkembangan.Bandung : Remaja Rosdakarya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar