WELCOME TO MY BLOG

Minggu, 28 Oktober 2012

PERKEMBANGAN MASA ANAK-ANAK AWAL


Masa anak – anak dimulai setelah melewati masa bayi yang penuh ketergantungan, yakni kira – kira usia 2 tahun sampai saat anak matang secara seksual, yakni antara usia 13-14 tahun. Sejumlah ahli membagi masa anak – anak menjadi dua, yaitu masa anak – anak awal dan masa anak – anak akhir. Masa anak – anak awal berlangsung dari umur 2 tahun sampai 6 tahun, dan masa
anak – anak akhir dari umur 6 tahun sampai saat anak matang secara seksual (Hurlock, 1980).

Perkembangan Fisik
Selama masa anak – anak  awal, pertumbuhan fisik berlangsung lambat dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan selama masa bayi. Pertumbuhan yang lambat ini berlangsung sampai mulai munculnya tanda – tanda pubertas.
Meskipun selama masa anak – anak pertumbuhan fisik mengalami perlambatan, namun keterampilan motorik kasar dan motorik halus berkembang pesat.

Perkembangan Otak
Perkembangan otak pada masa anak – anak terus tumbuh namun pertumbuhannya tidak sepesat pada masa bayi. Pertumbuhan otak pada masa awal masa anak – anak disebabakan oleh pertambahan jumlah dan ukuran urat saraf yang berujung di dalam dan di antara daerah – daerah otak. Proses ini berdampak terhadap peningkatan kecepatan informasi yang berjalan melalui system urat saraf.

Perkembangan Motorik
Sekitar usia 3 tahun, anak sudah dapat berjalan dengan baik, dan sekitar usia 4 tahun anak hampir menguasai cara berjalan orang dewasa. Usia 5 tahun, anak sudah terampil menggunakan kakinya untuk berjalan dengan berbagai cara. Selain itu, anak usia 5 tahun juga dapat melakukan tindakan –tindakan tertentu secara akurat, seperti menyeimbangkan badan dengan satu kaki, menangkap bola, melukis, dll.

Perkembangan Kognitif
Seiring dengan meningkatnya kemampuan anak untuk mengeksplorasi lingkungan , Karena bertambah besarnya koordinasi dan pengendalian motorik yang disertai dengan meningkatnya kemampuan untuk bertanya dengan menggunakan kata- kata yang dapat dimengerti orang lain, maka dunia kognitif anak berkembang pesat, semakin kreatif, bebas dan imajinatif.

Perkembangan Psikososial
Di samping perkembangan fisik dan kognitif, masa awal anak – anak juga ditandai dengan perkembangan psikososial yang cukup pesat. Aspek penting perkembangan psikososial yang terjadi pada masa awal anak – anak diantaranya permainan, hubungan dengan orang lain, dan perkembangan moral.

Permainan
Permainan mempunyai arti yang sangat penting bagi perkembangan kehidupan anak – anak. Permainan bagi anak – anak adalah suatu bentuk aktifitas yang menyenangkan yang dilakukan semata – mata untuk aktivitas itu sendiri. (Schwartzman, 1978).
Hubungan dengan orang lain
Hubungan dengan orang lain ini meliputi hubungan dengan orang tua dan hubungan dengan teman sebaya. Selama prasekolah, hubungan dengan orang tua merupakan dasar bagi perkembangan emosional dan sosial anak. Sedangkan hubungan dengan teman sebaya memiliki arti yang sangat penting bagi perkembangan kepribadian anak. Salah satu fungsi kelompok teman sebaya ialah menyediakan suatu sumber informasi dan perbandingan tentang dunia di luar keluarga.
Perkembangan moral
Perkembangan moral ialah perkembangan yang berkaitan dengan aturan dan konvensi mengenai apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam interaksinya dengan orang lain (Santrock, 1995). Melalui pengalamannya berinteraksi dengan orang lain, anak belajar memahami tentang perilaku yang baik dan perilaku yang buruk.

sumber: Desmita.2010.Psikologi Perkembangan.Bandung : Remaja Rosdakarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar